Saturday, December 15, 2012

Metode Stem Cell Embryo


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Dimana penerapannya sebagian besar digunakan untuk meningkatkan taraf hidup manusia. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut menjangkau setiap aspek kehidupan manusia, tak ketinggalan pula dalam bidang bioteknologi. Selain pada dunia tumbuhan, bioteknologi modern juga telah menjangkau dunia hewan.
Salah satu pengembangan bioteknologi modern adalahTeknologi Transgenik. Transgenik adalah memindahkan gen dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya, baik dari satu hewan ke hewan lainnya atau dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Transformasi gen tersebut yang umumnya berasal dari spesies yang sama, tapi dapat juga berasal dari spesies berbeda yang dilakukan terhadap embrio sebelum hewan transgenik tersebut dilahirkan. Transformasi genetik diharapkan menyebabkan mutasi spontan sehingga genetik dari hewan yang ditransformasi termodifikasi sesuai dengan gen yang diharapkan muncul sebagai performans. Salah satu tujuan dilakukan manipulasi genetik adalah untuk menghasilkan hewan yang memiliki karakter yang diharapkan (breeding).
Hewan transgenik dikembangkan dengan 3 cara, yaitu mikroinjeksi DNA, transfer gen dengan media retrovirus dan transfer gen dengan media sel cangkokan embrionik. Mikroinjeksi DNA dilakukan dengan melakukan injeksi langsung gen terpilih yang diambil dari anggota lain dalam spesies yang sama ataupun berbeda ke dalam pronukleus ovum yang telah dibuahi. Transfer gen dengan media retrovirus menggunakan retrovirus sebagai vector, kemudian menginjeksikan DNA ke dalam sel inang. DNA dari retrovirus berintegrasi ke dalam germ untuk bekerja. Transfer gen dengan media sel cangkokan embrionik diaplikasikan dengan menggunakan sequence DNA yang diharapkan muncul ke dalam kultur in vitro sel cangkokan embrionik. Sel cangkokan dapat menjadi organisme lengkap.
Berdasarkan paparan singkat diatas, maka penulis bermaksud untuk membahas salah satu metode yang digunakan dalam menghasilkan hewan transgenik yakni Metode Stem Cell Embrio

B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Apakah yang dimaksud dengan Stem Cell?
2.      Bagaimana aspek biomedik Embryonic Stem Cells?
3.      Bagaimanakah proses transgenik pada hewan terutama dengan metode Stem Cell Embryo?
4.      Apa saja aplikasi/penggunaan kultur Stem Cell Embryo?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian Stem Cell.
2.      Untuk mengetahui konsep aspek biomedik Embryonic Stem Cell.
3.      Untuk mengetahui proses transgenik pada hewan terutama dengan metode Stem Cell Embryo.
4.      Untuk mengetahui aplikasi/penggunaan kultur Stem Cell Embryo.

Untuk file lengkap klik download

Download

0 comments:

Post a Comment