Sunday, December 9, 2012

The Glowing Tobacco


Tembakau yang Berpendar 

     Setelah sobat melihat gambar tanaman tembakau dibawah ini, apa yang sobat pikirkan ?? Hasil edit dari salah satu Program olah foto digital ? Wajar saja bagi sebagian orang yang tidak tahu tentang perkembangan ilmu pengetahuan khusus nya dalam bidang Biologi. 
    Ya, Biologi telah berkembang demikian pesatnya sejak tercetusnya Biologi modern. Cabang ilmu biologi yang khusus dikembangkan sebagai wadah perkembangan Biologi itu sendiri disebut Bioteknologi. Nah dari namanya aja udah kebayangkan, Biologi dipadukan dengan Teknologi, sesuatu yang bersifat ilmiah dipadukan dengan sesuatu yang bersifat sains, sehingga mungkin tidak berlebihan jika kita mengatakan "Tidak ada yang tidak mungkin dengan adanya Bioteknologi". Mahluk hidup aja bisa di gandakan atau dengan nama kerennya Kloning,,,^_^
     Gambar disamping adalah contoh produk bioteknologi yang dinamakan tanaman Transgenik. Transgenik adalah suatu proses penyisipan gen dari suatu individu ke individu lain baik dalam ruang lingkup spesies yang sama atau bahkan dalam Kingdom yang berbeda sehingga menghsilkan sifat baru pada individu tersebut (bukan Kloning lo,,). Gambar disamping merupakan hasil transgenik antara Tanaman Tembakau dengan Kunang-kunang (jadi bukan hasil editan yaaa,,).
       Kunang-kunang (Photuris) menggunakan substrat berupa D-lusiferin untuk menghasilkan pendaran. D-lusiferin akan mengalami dekarboksilasi oksidatif dengan bantuan energi dari ATP sehingga dihasilkan emisi cahaya. Gen kunang2 yang mengekspresikan sifat pendaran tersebut di suntikkan pada tanaman tembakau transgenic yang diinfeksi dengan Agrobacterium tumefaciens sehingga menghasilkan tembakau yang dapat berpendar.

0 comments:

Post a Comment